Melamar pekerjaan adalah langkah penting dalam proses perekrutan. Aplikasi Anda menunjukkan minat Anda pada posisi tersebut dan memberi tahu pemberi kerja tentang keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan. Mengetahui cara mengisi aplikasi dengan baik dapat secara signifikan memengaruhi peluang Anda untuk diundang wawancara. Dalam artikel ini, kami akan memeriksa beberapa langkah dan saran tentang cara menyelesaikan dan mengirimkan aplikasi dengan sukses.
Cara melengkapi aplikasi
Lamaran sering kali merupakan kontak pertama dengan calon pemberi kerja sehingga Anda dapat membuat kesan yang baik. Setelah Anda tahu apa yang harus ditulis dan apa yang dicari manajer perekrutan, Anda dapat mengirimkan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk diwawancarai. Ada beberapa langkah penting yang harus diambil saat menyelesaikan aplikasi Anda. Anda harus:
1. Baca Aplikasinya
Membaca aplikasi mungkin tampak seperti langkah yang jelas, tetapi orang sering melewatkannya. Bahkan jika Anda memindai deskripsi pekerjaan sebelum melamar, Anda harus membacanya beberapa kali lagi agar tidak melewatkan detail apa pun. Pengusaha biasanya menerima ratusan lamaran pekerjaan. Salah satu cara paling umum untuk mempersempit kumpulan pelamar Anda adalah dengan mengecualikan siapa pun yang menurut Anda belum membaca deskripsi pekerjaan atau persyaratan.
Banyak pengusaha juga menggunakan apa yang dikenal sebagai sistem pelacakan pelamar (ATS). Ini adalah sistem otomatis yang dapat disesuaikan untuk menolak aplikasi yang tidak memiliki informasi atau tidak mengandung kata kunci yang benar. Meskipun Anda mungkin tidak dapat sepenuhnya memprediksi apa yang dicari ATS, Anda masih dapat memajukan aplikasi Anda di sistem dengan memastikan bahwa informasi yang benar diberikan.
2. Gunakan Nama dan Alamat Email Profesional
Aplikasi profesional memerlukan alamat email profesional. Beberapa pemberi kerja dapat mendiskualifikasi pelamar untuk email yang tidak profesional, bahkan jika resume mereka menunjukkan bahwa mereka sempurna untuk pekerjaan itu.
Jika Anda perlu membuat alamat email kantor, Anda dapat menggunakan layanan email gratis untuk membuat akun email khusus untuk kehidupan profesional Anda. Gunakan nama depan dan belakang Anda atau varian dan gunakan untuk semua aplikasi Anda. Memisahkan komunikasi profesional dari komunikasi pribadi bukanlah ide yang buruk. Ini bisa menjadi waktu yang tepat selama pencarian pekerjaan Anda.
3. Ikuti Petunjuknya
Terkadang sebuah bidang membutuhkan seluruh paragraf, beberapa kalimat, atau hanya “ya” atau “tidak”. Ada juga area di mana Anda perlu meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan yang masuk. Terlepas dari pertanyaan spesifik apa yang dibutuhkan, pastikan Anda menjawabnya dengan benar. Baca pertanyaan beberapa kali untuk memastikan Anda memahaminya dan luangkan waktu untuk merumuskan jawaban yang menyeluruh.
Ada majikan yang mengajukan berbagai macam pertanyaan, termasuk karakter, perilaku, dan pertanyaan hipotetis. Jika Anda ingin meningkatkan peluang keberhasilan Anda, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini secara efektif dan akurat. Tidak semua aplikasi memiliki pertanyaan jawaban panjang, tetapi tidak ada salahnya untuk mengikuti petunjuknya dengan cermat. Jika Anda mengisi informasi dengan hati-hati, Anda akan menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda adalah kandidat yang layak dan bahwa Anda telah berinvestasi dalam proses perekrutan.
4. Sesuaikan Surat Lamaran Anda Dengan Posisi Yang Anda Inginkan
Di lingkungan seperti bursa kerja, Anda harus berulang kali mendistribusikan dokumen yang sama ke beberapa perusahaan. Namun, jika Anda melamar posisi tertentu secara langsung atau online, Anda harus menyesuaikan surat lamaran dan resume agar sesuai dengan aplikasi. Sebelum Anda menulis atau mengedit surat lamaran Anda, baca deskripsi pekerjaan dan perhatikan jenis karyawan yang Anda cari. Deskripsi pekerjaan berisi informasi yang mencakup latar belakang pendidikan yang dibutuhkan, jenis kepribadian yang sesuai dengan posisi, dan keterampilan yang disukai kandidat.
Lihat informasi dalam deskripsi pekerjaan dan tulis surat lamaran yang membingkai Anda sebagai kandidat yang sempurna. Jaga agar kalimat Anda tetap singkat tetapi efektif. Sertakan sebanyak mungkin informasi relevan yang dapat Anda sisipkan secara efisien ke dalam paragraf halaman. Jika majikan menyukai apa yang mereka baca, mereka akan menggunakan wawancara untuk mempelajari lebih lanjut tentang tujuan atau keterampilan yang Anda sebutkan dalam surat lamaran Anda.
5. Tambahkan Kata Kunci ke Resume Anda
Tinjau deskripsi dan temukan kata-kata yang terkait dengan sifat, keterampilan, atau pengalaman apa pun yang dicari perusahaan. Gunakan dengan bijaksana di resume dan surat lamaran Anda. Tidak perlu canggung dengan mereka; beberapa petunjuk halus sudah cukup.
Pastikan Anda menyertakan kata kunci yang Anda wakili sesuai untuk memenuhi persyaratan pekerjaan. Misalnya, jika posisi tersebut memiliki spesifikasi teknis, sorot keterampilan praktis Anda, gelar yang relevan, atau program akademik. Jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk berinteraksi dengan klien atau kolega secara teratur, sebutkan keterampilan interpersonal dan komunikasi Anda.
6. Periksa Jawaban Anda Jika Ada Kesalahan
Kesalahan ejaan dan tata bahasa menunjukkan kepada atasan bahwa Anda tidak meluangkan cukup waktu untuk mengoreksi atau bahwa Anda tidak mahir dalam komunikasi tertulis. Sebagian besar pekerjaan membutuhkan keterampilan komunikasi dasar. Jadi, jika Anda tidak repot mengirimkan resume yang bebas ejaan, menggunakan kata ganti yang benar, dan mengikuti aturan tata bahasa lainnya, itu bisa mengurangi peluang Anda untuk dipekerjakan.
Luangkan waktu Anda untuk mengisi aplikasi. Jika Anda tidak yakin seberapa baik Anda melakukan koreksi kesalahan, mintalah seseorang untuk melihat aplikasi untuk Anda dan melakukan koreksi jika mereka menemukan sesuatu yang salah. Aplikasi bebas kesalahan jauh lebih mungkin untuk dilihat daripada aplikasi yang penuh dengan kesalahan yang mudah dihindari.
8. Cek Aplikasi Anda Jika Anda Melamar Beberapa Posisi
Ingatlah untuk mengikuti semua profil pekerjaan online Anda dengan cermat sehingga Anda tahu di mana Anda melamar dan posisi apa yang Anda lamar. Simpan spreadsheet atau daftar nama dan peran perusahaan yang Anda lamar untuk referensi cepat.
Kadang-kadang, Anda mungkin menemukan bahwa Anda memenuhi syarat untuk beberapa posisi di sebuah perusahaan dan Anda mungkin melamar lebih dari satu. Yang tidak ingin Anda lakukan adalah membuat profil untuk setiap posisi yang Anda lamar. Jika sistem aplikasi memiliki “keranjang belanja” untuk lowongan yang Anda kualifikasikan, masukkan ke dalam keranjang belanja untuk sebuah akun. Maka akan lebih mudah untuk melacak apa yang Anda lamar jika Anda menerima panggilan ke beberapa lokasi dari orang yang berbeda. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mengetahui dengan tepat apa yang dibicarakan seseorang ketika mereka menelepon untuk wawancara.
9. Perlihatkan Profil Media Sosial Anda
Di zaman modern, sudah umum bagi pengusaha untuk melihat profil media sosial Anda. Mereka ingin tahu tentang orang yang mereka pekerjakan dan mereka pikir Facebook dan situs media sosial lainnya adalah sumber yang bagus. Buka profil Anda dan pertimbangkan untuk menghapus apa pun yang tidak pantas. Ini berarti Anda menghapus postingan atau komentar yang mungkin tidak bagus atau tidak mencerminkan tingkat kedewasaan Anda saat ini. Mengetahui dan mengendalikan citra diri Anda secara online selalu merupakan ide yang bagus.
Namun, adalah bijaksana untuk membuat profil media sosial atas nama Anda dan membagikan beberapa informasi pribadi, bahkan jika Anda tidak sering menggunakannya. Keakraban dan pengetahuan tentang media sosial adalah keterampilan penting di pasar kerja saat ini dan pemberi kerja dapat meninjau akun pribadi Anda untuk menilai kemahiran Anda.
10. Unggah Resume Anda
Tampaknya tidak masuk akal untuk mengirimkan resume Anda setelah Anda memasukkan semua informasi di dalamnya ke dalam bidang aplikasi. Namun, sistem pelacakan pelamar biasanya tidak mengumpulkan informasi yang Anda berikan dalam dokumen yang dapat dicetak dan pemberi kerja mungkin menginginkan salinan cetak resume Anda untuk referensi. Resume juga mudah disimpan untuk manajer perekrutan jika mereka ingin menghubungi Anda tentang posting pekerjaan di kemudian hari.
Pastikan untuk memberi nama file resume Anda secara ringkas dan efisien. Masukkan nama depan dan belakang Anda dan kata kunci “CV” untuk pencarian yang mudah.
11. Tinjau Ulang Sebelum Anda Mengirimnya
Meskipun Anda mungkin telah memeriksa kesalahan aplikasi dan mengikuti instruksi, Anda harus menyelesaikan input Anda sebelum mengklik tombol kirim. Ingat: setelah Anda mengirimkannya, Anda tidak dapat membuat perubahan lagi. Saat Anda senang telah melakukan yang terbaik, tekan tombol kirim dan serahkan sisanya kepada tim perekrutan.
Jika Anda ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman, pendidikan, dan keterampilan Anda, Anda harus sering melamar dan menyeluruh. Namun, biasanya semua aplikasi terlihat sama. Jika Anda bisa, mintalah orang lain untuk mengoreksi resume dan surat lamaran Anda untuk setiap aplikasi. Sepasang mata kedua dapat membuat perbedaan besar. Anda selalu meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan jika Anda berkonsentrasi untuk menampilkan diri Anda sebagai orang yang berorientasi pada detail dan kompeten.
Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat menyelesaikan aplikasi dengan lebih efektif. Jika Anda mempresentasikan keahlian Anda secara positif dan benar, menggambarkan pengalaman Anda yang relevan dengan baik, dan mengoreksi semua informasi Anda, Anda akan menunjukkan diri Anda sebagai kandidat yang cocok untuk posisi apa pun. Gunakan kiat-kiat ini dan sumber daya Indeed lainnya untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.